Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi (Konsentrasi)

Sebelumnya, kita sudah membahas Suhu selanjutnya disini kita akan bahas Konsentrasi sebagai bagian dari Faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.

2. Konsentrasi

Konsentrasi merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi laju reaksi. semakin besar konsentrasi zat yang bereaksi maka semakin cepat reaksi tersebut berlangsung.

Dalam teori tumbukan, perubahan jumlah molekul pereaksi dapat berpengaruh pada laju suatu reaksi. Kita telah tahu bahwa jumlah mol spesi zat terlarut dalam 1 liter larutan dinamakan konsentrasi molar. 

Bila konsentrasi pereaksi diperbesar dalam suatu reaksi, berarti kerapatannya bertambah dan akan memperbanyak kemungkinan tabrakan sehingga akan mempercepat laju reaksi.

Bila partikel makin banyak, akibatnya lebih banyak kemungkinan partikel saling bertumbukan yang terjadi dalam suatu larutan, sehingga reaksi bertambah cepat.

Perhatikan gambar berikut:

Source: wikenovi.wordpress.com
Jika konsentrasi zat yang bereaksi semakin besar maka jumlah partikel zat yang memiliki arah orientasi yang tepat pun semakin banyak pula sehingga tumbukan efektif yang dihasilkan semakin banyak dan reaksi berlangsung lebih cepat. 

Selain itu, jika konsentrasi zat yang bereaksi semakin besar maka distribusi partikel zat yang memiliki energi mencukupi atau melebihi energi aktivasi(energetik) pun semakin banyak pula dan tumbukan efektif yang terjadi lebih banyak sehingga reaksi berlangsung lebih cepat.

Posting Komentar untuk "Faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi (Konsentrasi)"